Sertifikasi kompetensi Dosen sebagai salah satu peningkatan kemampuan praktikal bagi dosen akan mendorong semakin dekat nya dunia pengajaran dengan kebutuhan dunia kerja. Pelaksanaan sertifikasi ini diharapkan menjawab kesenjangan yang selama ini dikeluhkan, terutama oleh industri. Sertifikat Kompetensi bidang Komunikasi kehumasan atau public relations yang diterbitkan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Public Relations Indonesia (LSP PRI) adalah bukti tertulis  yang menerangkan bahwa seseorang telah menguasai kompetensi kerja tertentu dan sesuai dengan Kualifikasi Kerja Nasional Indonesia (KKNI) dan SKKNI serta  standar internasional dan atau standar khusus.

LSP PRI merupakan Lembaga Sertifikasi ter-lisensi yang pertama kali melaksanakan uji kompetensi para dosen bergelar S-3 pada tahun 2019.  Hal ini kemudian sejalan dengan amanah Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kepmendikbud) Nomor 754/P/2020 tentang Indikator Kinerja Utama (IKU) dengan memperoleh sertifikat kompetensi atau profesi yang diakui dunia usaha dan dunia industri.

Sejalan dengan itu, Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi atau ASPIKOM melakukan kerja sama dengan LSPPRI melaksanakan sertifikasi dosen pada  Mai dan Juni 2023, yang dilaksanakan di Hotel Balairung, Jakarta dan Fave Hotel Tangerang. Serifikasi ini di-ikuti oleh Dosen dari Universitas seluruh Indonesia.

Sebelum proses uji kompetensi dilaksanakan, Ketua Umum ASPIKOM Pusat Dr. S. Bekti Istiyanto yang didampingi Sekjen, Anna Agustina, Ph.D  dan Chair LSP PRI memberikan sambutan yang kedua nya menyampaikan sepakat bahwa uji kompetensi ini seharusnya memberikan gambaran, baik pada asesor maupun dosen yang mengikuti asesmen bahwa kompetensi harus terus menerus dijaga dan diperbaharui, apalagi perubahan praktik kerja semakin cepat berubah terlebih dengan kemajuan tehnologi komunikasi yang seperti nya terus bergerak dan ber-evolusi lebih cepat dari manusia.