Surat Pendamping Ijazah (SKPI) bagi fresh graduates dapat membantu meningkatkan transparansi dan pengakuan (recognition) pemegangnya, memudahkan dibaca dan diperbandingkan antar negara, SKPI juga menekankan pada kelayakan bekerja di dalam dan luar negeri.  SKPI bermanfaat bagi fresh graduates karena mencakup penjelasan yang obyektif dari prestasi dan kompetensi pemegangnya, meningkatkan kelayakan kerja (employability), merupakan dokumen tambahan yang menyatakan kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, dan attitude lulusan, serta  berada dalam Kerangka Kualifikasi Kerja Nasional Indonesia (KKNI).

Oleh karena itu seyogia nya SKPI berbentuk Sertifikat Kompetensi yang dikeluarkan oleh pihak ke-3 dan dan jika diterbitkan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi PR Indonesia (LSP PRI) berdasarkan hasil uji kompetensi, maka juga merupakan pengakuan atas nama Negara karena LSPPRI ber-lisensi dan melaksanakan sertifikasi atas nama Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

LSPPRI melaksanakan Kerja Sama dengan Universitas-Universitas ternama sejak 10 tahun yang lalu dalam misi diatas. Sebagai wujud kerja sama itu LSP PRI dalam kurun waktu Maret dan Juli 2023 melaksanakan sertifikasi untuk fresh graduates Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan Universitas Tarumanagara (Untar). Uji Kompetensi ini di-ikuti oleh 185 peserta   fresh graduates dari ketiga Universitas diatas.