LSP PRI FAQs Sheet

 LSP PRI FAQs Sheet:

BAGAIAMANA CARA SAYA MENDAFTAR SERTIFIKASI PR ?

Peserta melakukan pendaftaran dengan salah satu cara sbb:
Mengirim email ke certificationlsppri@gmail.com. LSPPRI akan membalas email tersebut dengan mengirim Form APL-01 dan penjelasan Skema.
Mengisi Form APL-01 yang dapat  di down load di website www.lsppri.or.id di laman ‘how to register’, atau  menghubungi telpon: 0811 926 710, atau 0811 166 1696 atau 021- 729 4973
Mendaftar on line http://bit.ly/lsppricertification. LSP PRI akan menghubungi anda
LSP PRI akan segera me-response dengan mengirim Form APL-01 dan Penjelasan Skema Sertifikasi.

APA YANG PERLU DIPERSIAPJKAN UNTUK UJI KOMPETENSI INI ? 

Dokumen yang harus dipersiapkan a.l, Form APL-01, CV, 3 pasfoto 3×4, dan portfolio.
Apabila memenuhi persyaratan sekretariat LSP PRI akan menghubungi anda,  untuk menjadwalkan waktu dan tempat uji komepetensi (sertifikasi)

BERAPA BIAYA SERTIFIKASI UNTUK SETIAP SKEMA SERTIFIKASI ?

LSP PRI membangun Skema Sertifikasi terbaru, yaitu: Executive Public Relations, Managerial Public Relations, Strategic Public Relations, Strategic Public Relations  Public Speaking  Qualification, Strategic Public Relations Digital PR Qualification, Certified Event Organizer, Certified Events Marketing Communication, Supervisor Associates Public Relations, Media Relations Officer dan Junior Public Relations Officer.
Biaya dalam range Rp. 1.000.000 dan Rp. 2.000.000,- tergantung Skema Sertifikasi, Jumlah Peserta dan Lokasi Tempat Uji Kompetensi. Dengan menghubungi nomor telpon tersebut diatas, anda akan mendapat penjelasan secara detail.

APAKAH ADA PERBEDAAAN ANTARA LSP PRI DAN LSP LAIN PADA SAAT INI?

LSP PRI adalah Lembaga Sertifikasi Profesi Public Relations yang pertama, dan PIONIR  untuk sertifikasi bidang Komunikasi dan Public Relations. Didirikan pada tahun 2013 oleh Kementrian KOMINFO, PERHUMAS, BAKOHUMAS dan APPRI.  LSPPRI adalah LSP level 3  yaitu LSP yang dapat  melakukan sertifikasi untuk semua pihak  atas  nama Negara, berbeda halnya dengan LSP-1 atau LSP-2 yang hanya boleh boleh   melakukan  sertifikasi untuk kalangannya sendiri berdasarkan Undang Undang dan Peraturan BNSP.

APAKAH ADA WORKSHOP KHUSUS SEBELUM UJI KOMPETENSI DAN BAGAIMANA METODE UJIAN?

LSP PRI akan memberikan workshop pra uji kompetensi, dan menyarankan peserta    mengikuti workshop Competency Based Training yang di-design sesuai dengan level  uji kompetensi. Kecuali untuk workshop ‘pra uji kompetensi’  yang merupakan suatu kesatuan dengan Uji Kompetensi, tidak ada kewajiban peserta harus mengikuti workshop tertentu sebelum uji kompetensi.

BAGAI MANA METODE UJI SERTIFIKASI INI ?

Uji Kompetensi hanya bisa dilaksanakan oleh Certified Assesor LSP PRI yaitu Asesor  Kompetensi  yang telah mendapatkan sertifikasi dari BNSP dan mendapat Surat Tugas dari LSP PRI. Metode uji adalah kombinasi antara wawancara, uji tulis, simulasi dan pembuktian port folio.

 SESUAI DENGAN PENGALAMAN KERJA DAN PEKERJAAN SAYA LEVEL APA YANG PALING TEPAT UNTUK UJI KOMPETENSI?

Kalau saya baru bergabung 1-2 tahun didunia Humas, Skema  apa yang lebih tepat  untuk saya?

Pada dasarnya LSP PRI menetapkan persyaratan untuk setiap Skema Sertifikasi , yaitu pendidikan dan pengalaman. Pada setiap Skema terdapat sejumlah Unit Kompetensi      tertentu  yang kesemuanya harus diuji. Pengalaman 1-2 tahun termasuk dalam Skema  Junior PR Officer, dan Media Relations Officer.

Saya sudah lebih 10 tahun didunia Humas, Skema Sertifikasi mana yang dapat saya ikuti?

Sama seperti jawaban diatas tentang persyaratan untuk setiap Skema Sertifikasi, untuk   pengalaman kerja 10 tahun keatas anda telah eligible untuk mengikuti semua Skema  Sertifikasi, terkecuali Executive PR.

Sekarang saya SVP atau GM atau Head of PR namun tidak ada background Humas dalam pendidikan formal saya, saya harus mengikuti level yang mana?

LSP PRI menetapkan dengan pengalaman kerja 10 tahun terus menerus dibidang Humas                 walaupun tanpa latar belakang pendidikan Humas/PR sudah eligible untuk mengikuti uji  kompetensi/sertifikasi pada Skema Strategic PR keatas.
Untuk jabatan VP, Manager dan lain-lain yang berperan sebagai team leader dibidang PR, maka berhak mengiktui level Managerial PR dan Executive PR .
Pada dasar nya Skema Sertifikasi yang dibangun LSP PRI adalah Skema Sertifikasi berbasis okupasi (occupational scheme), sehingga peserta idealnya mengkuti Skema Sertifikasi sesuai dengan job/jabatan pada saat ini.

APAKAH SAYA AKAN MEMPEROLEH GELAR TERTENTU SETELAH TERBUKTI KOMPETEN DALAM UJI KOMPETENSI?

Skema Sertifikasi LSP PRI menetapkan Peserta/Asesi yang telah terbukti kompeten untuk 3 Skema Sertifikasi berhak menyandang gelar CPR (Certified Public Relations Practitioner).
Persyaratan CPR dapat dilihat di www.lsppri.or.id atau silakan menghubungi kami untuk  penjelasan persyaratan CPR ini.

Jakarta, 12 November 2019
Komite Skema Sertifikasi LSP PRI