Sertifikasi profesi Humas untuk personil Polri yang bertugas dibidang hubungan masyarakat sangat diperlukan terutama untuk menjaga dan meng-evaluasi tingkat kompetensi pada saat ini sesuai bidang tugasnya. Sertifikasi dilaksanakan pada Kamis, 15 Agustus 2024 oleh Lembaga Sertifikasi Profesi PR Indonesia atas nama Badan Nasional Sertifikasi Profesi dilaksanakan di Arion Suites Hotel Jakarta.

CEO Lembaga Sertifikasi Profesi PR Indonesia (LSP PRI), Muslim Basya MBA mengatakan bahwa sertifikasi salah satu cara untuk memastikan bahwa seseorang itu mampu menjaga bahkan meningkatkan pengetahuan dan implementasi terkini dari pengetahuan dan skill nya, diiringi oleh etika dan sesuai dengan aturan-aturan ditempat kerja.

Sebelum nya pada 12 Agustus pada Pembukaan Pelatihan yang dilaksanakan Divisi Humas Polri, Brigjenpol Gatot Repli Hardoko Kepala Biro Multimedia yang mewakili Irjenpol Shandi Nugroho Kepala Divisi Humas Polri ketika membuka Pelatihan yang dilaksanakan Divisi Humas Polri dan Sertifikasi  yang menyatakan peningkatan kompetensi  humas Polri secara terus menerus suatu keharusan. Terlebih dalam memitigasi masalah serta merespons isu yg berkembang di masyarakat.

Kombes Drs. Erlangga sebagai Kepala Perencanaan dan Administrasi Divisi Humas Polri mengatakan bahwa metode pembelajaran dan pelatihan ini akan mengembangkan pendekatan tiori dan praktek melalui serangkaian kegiatan interaktif seperti diskusi kelompok, studi kasus dan simulasi. Selain itu peserta akan melakukan latihan dan praktek langsung, termasuk penggunaan perangkat dan tehnis Analisis terkini, untuk memastikan penerapan yang efektif dalam situasi nyata. Persentase pembelajaran kira-kira 60%  dan praktek 40%.

Muslim Basya MBA menambahkan bahwa hasil dari sertifikasi  oleh LSP PRI sangat diharapkan akan memberikan gambaran tentang kompetensi Humas pada saat ini dan menentukan gap, bila ada, dan program peningkatan pada waktu yang akan datang. Dia juga menyebutkan bahwa sertifikasi untuk pejabat Humas Polri telah dilaksanakan oleh LSP PRI sejak tahun 2017.

Para pembicara yg diorganisir oleh Stratecom terdiri dari Prof. Dr. Obing Kurtubi, Dr. Ir.Yuni Mogot, Dr. Devie Rahmawati, Dr. Muhammad Adi Pribadi CPR, Dr. WirartriAnindhita M.Sc dan Margaret Manali.

*sumber Republika.co.id