Sertifikasi Akademisi, Antara Ilmu dan Praktek

Dalam perkembangan dunia kerja yang begitu cepat berubah khususnya dibidang public relations, maka para akademisi dituntut untuk selalu menyesuaikan diri dan menyesuaikan materi kuliah nya dengan perkembangan terkini.

LSP PRI sedang memberikan Certification Workshop sebelum Asesmen dilanjutkan dengan Q and A

Peserta yang aktif dan ceria

Suasana Uji Kompetensi

Banyak jenis pekerjaan dan jabatan dalam public relations dimasa lalu, hilang begitu saja,  dan digantikan dengan jenis pekerjaan dan profesi yang berbeda. Misalnya dalam Digital public relations, termasuk didalam nya media relations yang peran dan fungsi social media meninggalkan media mainstream khususnya dalam membentuk opini, manajemen issue, riset PR dan semacam nya.

Dalam kaitan ini, LSP PRI yang menjalin MoU dengan beberapa Universitas terkemuka, mengadakan Sertifikasi Uji Kompetensi untuk para dosen yang bergelar Doktor dibidang ilmu Komunikasi. Asesor menemukan diskusi yang menarik dari interview yang merupakan salah satu metode uji kompetensi.  Pendekatan uji kompetensi yang berbasis pada pembuktian bagai mana meng-implementasikan pengetahuan dan skill dalam pekerjaan, menemukan gap dengan pengetahuan yang philosophies.

Peserta menerima Sertifikat Kepersertaan setelah Asesmen Sertifikasi. Walaupun proses nya cukup melelahkan dan mungkin stress, karena biasa menguji, tapi sekarang di-uji,  peserta dan asesor tetap happy

 

Karena tujuan asesmen adalah untuk membuktikan kompetensi, asesor kemudian lebih menekankan pada bukti-bukti port folio yang relevan dengan masing-masing unit kompetensi dalam Skema Strategic Public Relations.  Peserta dan Asesor menemukan metode yang menumbuhkan keterbukaan dan keceriaan pada saat uji kompetensi.

Peserta a.l. Dr. Rosmawaty Hideriah MT, Dr. Mercy Lona Rindang, M.Ikom, Dr. Leila Mona Ganiem, M.Si, Dr. Marheini Kurniawati, M.Si, Dr. Yoyoh Hereyah, M.Si, Nabilla Kusuma Vardhani, MA, Alfelia Permatasari MA, dan Eska Nia Sarisnastiti MA.

Sertifikasi ini juga diikuti oleh para praktisi PR, Lisa Novianti, M.Ikom, Alex Hartono SER, Amaliah M.Ikom, dan Eko Napitupulu, SE.

Sertifikasi ini dilaksanakan pada Hotel Yellow, Jakarta pada tanggal 25 Juli 2018.