Setelah proses Uji Coba PRL dan Full Assessment oleh BNSP, pada tanggal 7 Desember 2023
dilaksanakan real assessment (uji kompetensi) yang dilaksanakan oleh 17 asesor LSP PRI yang disaksikan (witness) oleh team BNSP. Uji kompetensi dilaksanakan di Hotel Ibis Sentral, Cawang Jakarta dan dipimpin oleh Dr. Maylanny Christin, M.Si, CPR, yang Manager Sertifikasi LSP PRI sejak tahun 2021.

Uji Kompetensi dibuka pada jam 8:30 dan berakhir pada jam 17:00.
Semua asesor LSP PRI pemegang Sertifikat Asesor BNSP, diwajibkan memiliki latar belakang Public Relations baik akademisi maupun asesor praktisi, dan dari 32 asesor 29 diantaranya telah menjadi asesor LSP PRI lebih dari 5 tahun, bahkan 7 asesor telah bergabung sejak LSP PRI melaksanakan sertifikasi pada tahun 2013. Witness oleh BNSP berdasarkan Surat Tugas oleh Silvia Wahyuni Harahap, sebagai Ketua, Fauzi sebagai Anggota dan Iftikhardin Muchtar sebagai Observer.

LSP PRI memiliki kewenangan untuk mengembangkan Skema Sertifikasi dan Materi Uji Kompetensi yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja terkini, dimana pemenuhan aturan-aturan yang yang berkaitan dengan katagori profesi yang ditetapkan berdasarkan persyaratan, standard dan aturan khusus untuk masing-masing skema harus terpenuhi. Dalam perjalanan nya yang kesebalas tahun, Skema Sertifikasi ini merupakan Skema Sertifikasi yang ke-lima yang dikembangkan oleh LSP PRI.